UMK Subang 2017 Rp 2,3 Juta

(Baca: UMP Jawa Barat 2017 Rp 1,4 Juta)
Saat ini UMK Subang 2016 diketahui sebesar Rp 2.149.720. Jika merujuk kepada pada UU pengupahan No 78, Kemungkinan upah buruh hanya akan ditinjau ulang setiap 5 tahun sekali dengan kenaikan diperkirakan dikisaran 10 persen setiap tahunnya.
Jadi diperkirakan UMK Subang 2017 ada dikisaran Rp 2,3 juta. Itu adalah hitungan kasar jika memang benar kenaikan upah setiap tahunnya mencapai 10 persen.
Dikutip dari laman Setkab RI, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri menegaskan, bahwa sistem pengupahan baru yang didasarkan pada Upah Minimum Provinsi (UMP) ditambah perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi sudah ada dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang akan segera diberlakukan pada tahun ini, yang artinya diterapkan pada tahun yang akan datang.
“Jadi perhitungan mengenai upah minimum 2016 dengan demikian
kita harapkan nantinya RPP dalam waktu sesegera mungkin sudah ditandatangani
sesuai formula yang sudah disampaikan Pak Menko Perekonomian,” kata Hanif
kepada wartawan di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (15/10) petang.
Hanif menjelaskan, formula pengupahan minimum intinya
perhitungannya, jika katakanlah kita ingin menghitung upah minimum 2016 sama
dengan upah minimum provinsi, upah minimum provinsi yang berjalan dikali
penjumlahan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
Menaker lantas menunjuk contoh, untuk DKI Jakarta yang
sekarang memiliki Upah Minimum Rp 2,7 juta. Berarti kenaikan upahnya adalah Rp
2,7 juta ditambah inflasinya berapa dan pertumbuhannya berapa.
“Jika inflasinya
5% dan pertumbuhan ekonominya 5% berarti 10%. Tinggal 2,7 dikali 10% maka upah
2016 berati Rp 2,7 juta ditambah Rp 270.000 itu jika ingin disimulasikan,”
terangnya.
Silakan bisa dihitung sendiri, memakai rumus yang dikutip dari laman Setkab RI. Semoga bermanpaat.
Follow @rakyatsubang